Wednesday, June 25, 2014

Mengenal Area Kritik Pikiran


Setiap orang yang mempelajari hipnosis pasti tahu dan paham apa itu area kritik. Namun untuk Anda yang masih awam tentang hipnosis atau psikologi, pasti sangat asing degan istilah ini. Area kritik? Dimana tempatnya? Apa yang dikritik dan siapa yang mengkritik? Area kritik/critical area/critical factor/Reticular Activating System (RAS) adalah sebuah filter atau "pintu" yang berada diantara pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind). Agar lebih mudah dipahami, biasanya saya menjelaskan area kritik ini sebagai "pintu gerbang" pikiran bawah sadar. Mengapa pintu gerbang? Jadi, ketika kita akan mengakses pikiran bawah sadar, area kritik harus terlebih dahulu dibuka layaknya sebuah pintu. 

Fungsi dari area kritik adalah sebagai filter atau penyaring informasi yang akan masuk ke pikiran bawah sadar. Area kritik bertugas untuk mencocokan informasi yang masuk dengan yang data yang ada di pikiran bawah sadar. Ketika informasi yang masuk ternyata cocok dengan informasi yang ada di pikiran bawah sadar, maka informasi itu akan diterima oleh pikiran. Tetapi jika ternyata informasi yang masuk tidak sesuai dengan informasi yang ada di pikiran bawah sadar, maka informasi tersebut tidak akan diterima oleh pikiran dan akan "dikritik" oleh area kritik. 

Contoh sederhananya seperti ini, ketika ada seseorang yang baru Anda temui kemudian mengatakan "Hai, apa kabar? Saya tetanggamu dulu di kampung." Maka area kritik akan segera mencari informasi ke pikiran bawah sadar tentang siapakah orang yang Anda temui tersebut. Ketika informasinya ditemukan, maka informasi tersebut akan langsung diterima dan direspon oleh pikiran. Anda tentu akan segera menjawab pertanyaan dari orang tersebut. Tetapi jika informasinya tidak ditemukan, karena mungkin Anda tidak mengingat siapa saja tetangga Anda di kampung atau bahkan belum mengenal dia, maka pikiran akan menolak informasi tersebut dan area kritik akan "mengkritik". Mungkin saja dengan menjawab "Siapa ya? Apakah kita pernah saling kenal? Maaf, soalnya saya lupa." Sampai disini apakah Anda sudah paham dengan konsep kerja area kritik? Jika belum, saya akan jelaskan lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa pikiran sadar adalah tempat disimpannya memori atau ingatan jangka pendek, sedangkan pikiran bawah sadar adalah tempat disimpannya memori jangka panjang. Dengan artian, jika Anda menyimpan memori di pikiran sadar maka memori tersebut hanya akan bertahan dalam jangka waktu yang singkat. Tetapi jika Anda menyimpannya di pikiran bawah sadar, maka yang akan terjadi sebaliknya. Lalu seperti yang tadi sudah saya jelaskan tadi, bahwa area kritik adalah pintu gerbang pikiran bawah sadar. Jadi ketika area kritik seseorang tertutup, informasi akan sulit masuk ke pikiran bawah sadar, begitu pula sebaliknya. Lalu apa yang terjadi jika informasi tidak bisa masuk ke pikiran bawah sadar? Informasi akan tersimpan di pikiran sadar dan akan tersimpan dalam jangka waktu yang singkat. Nah hal inilah yang terjadi pada seorang siswa ketika dia merasa sangat sulit menerima pelajaran atau mudah lupa akan hal-hal yang dipelajarinya di sekolah. Yaitu karena area kritiknya tidak terbuka, dan menyebabkan informasi-informasi yang dia terima hanya tersimpan di memori jangka pendek saja (pikiran sadar).

Kemudian apa yang harus dilakukan? Yang harus dilakukan oleh orang yang mengalami permasalahan tersebut adalah dengan cara membuka area kritiknya ketika dia sedang menerima pelajaran atau informasi. Hal ini bertujuan agar pelajaran atau informasi yang dia terima bisa langsung masuk ke pikiran bawah sadar dan tersimpan dalam memori jangka panjang. Sehingga dia bisa mengingat pelajaran atau informasi tersebut sampai kapanpun. Sampai penjelasan barusan, semoga Anda sudah semakin paham tentang apa itu area kritik.

Area kritik menjadi salah satu bagian yang sangat penting di pikiran. Bayangkan saja ketika seseorang tidak memiliki area kritik. Segala informasi entah itu baik ataupun buruk akan masuk ke pikiran tanpa ada penyaringnya. Entah apa yang akan terjadi jika seseorang tidak memiliki area kritik. 

Menurut penelitian area kritik akan mulai tumbuh ketika seseorang menginjak usia 8 s.d. 10 tahun. Lebih daru usia tersebut, maka area kritik akan mulai aktif menyaring informasi-informasi yang masuk. Maka dari itu, pendidikan usia dini untuk anak-anak sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap-sikap positif dan nilai-nilai positif di dalam pikiran si anak sebelum area kritik mulai terbentuk dan aktif. Jadi, pengalaman yang dialami seorang anak sebelum menginjak usia 8 s.d. 10 tahun nantinya akan menjadi tolak ukur pikiran bawah sadarnya. Wah, cukup berisiko ya ternyata jika di usia dini anak sudah diajarkan atau diperlihatkan hal-hal yang tidak baik. 

Sekian penjelasan singkat tentang area kritik, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda para pembaca. Jika Anda tertarik dengan area kritik, tentang cara kerjanya atau cara membuka dan menutup area kritik, mungkin Anda bisa mulai mempelajari hipnosis. Baik dengan membaca buku atau mengikuti pelatihan hipnosis yang ada di kota Anda. Sekian artikel dari saya, jika Anda ingin melayangkan pertanyaan silahkan hubungi saya di sini. (bds.)


EmoticonEmoticon