Monday, June 30, 2014

Fenomena Hipnosis Alami


Hipnosis memiliki pengertian sebagai suatu fenomena penembusan area kritik yang diikuti dengan pemberian sugesti atau informasi yang ditujukan ke pikiran bawah sadar. Pernahkah Anda dihipnosis atau terhipnosis? Kebanyakan orang ketika ditanya seperti itu pasti akan menjawab belum pernah. Padahal, fenomena hipnosis adalah suatu fenomena yang alamiah, dan di kehidupan sehari-hari juga sering dialami oleh setiap orang. Pada artikel saya kali ini, saya akan berbagi tentang beberapa contoh fenomena hipnosis alami yang sering Anda alami sehari-hari. 

Sebelumnya saya akan meluruskan, jika Anda masih punya anggapan bahwa hipnosis adalah fenomena yang mengandung unsur mistik, klenik, atau ilmu hitam, silahkan baca terlebih dahulu artikel-artikel sebelumnya agar Anda lebih paham tentang apa itu hipnosis. Hipnosis adalah suatu fenomena yang prosesnya terjadi secara sangat ilmiah dan alami. Di kehidupan sehari-hari, bahkan Anda bisa merasakan fenomena hipnosis lebih dari 5 kali. Bukan hanya hipnotis (praktisi hipnosis) saja yang bisa menghipnosis Anda, tetapi lingkungan sekitar Anda pun ternyata bisa menghipnosis Anda. Bagaimana proses terjadinya?

Ketika Anda sedang sangat fokus terhadap suatu hal, tanpa Anda sadari Anda sudah memasuki kondisi trance atau kondisi hipnosis. Nah, berikut ini akan saya berikan beberapa contoh kegiatan yang bisa membuat Anda memasuki kondisi trance secara alami:

1. Ketika Anda menonoton film action, kemudian tokoh utama ditusuk perutnya dengan menggunakan pisau, secara tidak langsung Anda seolah-olah ikut merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh dalam film tersebut. Saat ini pun ketika Anda membaca apa yang saya tuliskan, mungkin Anda juga sambil membayangkan bagaimana rasanya ditusuk perutnya dengan menggunakan pisau. Dan jika iya, Anda berarti telah terhipnosis oleh tulisan saya dan itu juga menjadi salah satu contoh fenomena hipnosis alami.
2. Ketika Anda membaca novel atau cerita yang sedih atau sesuai dengan pengalaman yang pernah Anda alami, biasanya Anda juga ikut merasakan emosi cerita tersebut. Sampai-sampai Anda mungkin bisa menangis karena membaca cerita tersebut.
3. Ketika Anda sedang galau, perasaan tidak tenang, kemudian Anda beribadah dan berdoa. Saat itu juga Anda akan merasakan lebih tenang dan nyaman, bukan?

Tiga poin di atas adalah sedikit contoh dari peristiwa hipnosis yang terjadi secara alami. Selain itu, halusinasi adalah salah satu contoh dari fenomena hipnosis alami. Pernah Anda berhalusinasi, 'kan? Menurut beberapa referensi yang saya baca, halusinasi dibagi menjadi dua. Yaitu halusinasi positif dan halusinasi negatif. Apa perbedaannya? Oke, saya akan jelaskan satu per satu sekaligus memberikan contoh yang sederhana.

1. Halusinasi Positif
Halusinasi positif adalah ketika Anda seolah-olah bisa melihat, mendengar, atau merasakan suatu hal yang tidak ada seolah-olah menjadi ada dan muncul di pikiran Anda. 
Contoh: 
Ketika Anda sedang fokus bermain game atau menonton televisi, tanpa Anda sadari Anda sudah masuk ke dalam kondisi trance atau kondisi yang sangat nyaman. Kemudian tiba-tiba Anda mendengar suara yang memanggil Anda. Tetapi ketika Anda mencarinya, ternyata tidak ada yang memanggil Anda. Pernah mengalaminya, 'kan? Bukan hantu yang memanggil Anda, tetapi halusinasi suara tersebut muncul di pikiran Anda dan hanya Anda sendiri yang bisa mendengarnya.

2. Halusinasi Negatif
Halusinasi negatif adalah ketika Anda menganggap suatu hal yang sebenarnya ada, terlihat atau terdengar menjadi seolah-olah tidak terlihat atau tidak terdengar. 
Contoh:
Pernahkah Anda meletakkan pensil di telinga Anda, tetapi Anda seolah-olah lupa dimana Anda meletakkannya dan Anda kebingungan mencari pensil tersebut? Sebagian besar dari Anda pasti pernah mengalaminya.

Setelah membaca beberapa contoh yang saya tuliskan di atas, ternyata Anda sering terhipnosis, ya? Berapa kali dalam sehari Anda mengalami hal-hal seperti itu? Satu, dua, tiga, empat, lima, atau bahkan lebih? Nah, itu tadi hanyalah contoh sederhana dari fenomena hipnosis yang terjadi secara alami. Mungkin Anda pun sekarang mulai menyadari dan mengingat berbagai pengalaman pribadi Anda yang ternyata itu adalah salah satu contoh dari fenomena hipnosis alami. Jika Anda berkenan, coba ceritakan hal tersebut di kolom komentar. (bds.)


EmoticonEmoticon