Friday, June 27, 2014

Nggak Semua Orang Mudah Dihipnosis!


Acara hipnosis di televisi memang menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk memperkenalkan hipnosis kepada masyarakat. Namun demikian, karena "terlalu percaya" dengan apa yang disajikan di televisi, masyarakat beranggapan bahwa hipnosis adalah menepuk pundak orang kemudian orang tersebut akan "tertidur."

Pertanyaan yang paling sering disampaikan orang kepada saya adalah "Mas, bisa ajarin saya hipnotis yang sekali tepuk langsung tidur? Ya pokoknya yang nggak pake harus fokus-fokus segala mas." Dan jawaban saya adalah "Tidak bisa." Sekadar untuk pengeahuan bagi Anda yang tidak mempelajari hipnosis, bahwa hipnosis memang mudah dipelajari. Tetapi, prosesnya memang tidak sesederhana itu. Apa yang Anda saksikan di televisi adalah sebuah pertunjukan yang sebelumnya tentu sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Saya tidak mengatakan bahwa hipnosisnya pura-pura atau setingan. Tidak seperti itu. Untuk kebutuhan televisi yang tentu dikejar durasi tayang, tentu seorang performer harus pandai mengatur waktu pertunjukannya. Lalu apakah yang dilakukan di televisi itu sungguhan? Saya tidak bisa memastikan. Tetapi memang ada yang sungguhan, ada juga yang mungkin hanya rekayasa. Saya juga tidak menyalahkan mereka, karena itu untuk konsumsi hiburan semata. Nah, yang barusan saya jelaskan itu disebut dengan stage hypnosis atau hipnosis panggung.

Saya akan beri bocoran sedikit tentang pertunjukan hipnosis yang Anda saksikan di televisi. Mereka yang menjadi subyek (orang yang dihipnosis) adalah tipe orang yang mudah dihipnosis. "Loh, memangnya orang dihipnosis ada tipe-tipenya? Apa semua orang bisa dihipnosis?" Semua orang di dunia ditakdirkan bisa dihipnosis. Tetapi, tingkat kesulitannya berbeda-beda. Nah, yang mudah atau tidaknya seseorang dihipnosis disebut dengan tingkat sugestivitas atau sugestibilitas atau tingkat penerimaan sugesti. Jadi, tidak semua orang bisa menerima sugesti dari hipnotis dengan baik. Menurut sugestibilitasnya, subyek hipnosis dibedakan menjadi tiga.

1. Sugestibilitas Baik (10% populasi)
Orang bertipe seperti ini memiliki tingkat penerimaan sugesti yang sangat baik. Dan biasanya orang tipe seperti ini bisa dihipnosis dengan mudah, bahkan menggunakan teknik yang sederhana.

2. Sugestibilitas Sedang (85% populasi)
Orang yang sugestibilitasnya sedang memiliki tingkat penerimaan sugesti baik, tetapi tidak sebaik orang yang sugestibilitasnya baik. Orang tipe seperti ini cukup mudah dihipnosis dan bisa juga dihipnosis menggunakan teknik sederhana.

3. Sugestibilitas Buruk (5% populasi)
Ini adalah tipe orang yang paling sulit dihipnosis. Tingkat penerimaan sugestinya tidak terlalu baik. Ciri-cirinya biasanya dia malas mendengarkan sugesti dari si hipnotis dan kesulitan mengimajinasikan sesuatu. Orang dengan tipe seperti ini sulit sekali dihipnosis dengan teknik yang sederhana.

Tetapi sugestibilitas seseorang tidaklah bersifat mutlak. Dalam artian, suatu saat sugestibilitas seseorang bisa berubah. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi sugestibilitas seseorang, dan mungkin akan saya bahas di lain kesempatan. Sampai di sini apakah Anda sudah paham bahwa tidak semua orang bisa "ditepuk langsung tidur?" Tidak semua orang memiliki sugestibilitas yang baik. Jadi pesan saya adalah, cukup penonton yang ada di televisi saja yang terhipnosis, Anda jangan. Jangan terlalu terpengaruh dengan tayangan hipnosis di televisi. Ingat! Itu hanyalah konsumsi hiburan, coba cari referensi lain dari buku atau dari artikel-artikel yang ada di internet agar Anda bisa lebih memahami apa yang Anda belum paham. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, jangan cuma kenal facebook dan twitter saja! (bds.)


EmoticonEmoticon